Rabu

Teknik Pembedahan Yang Canggih

Total Penggantian Lutut (Total Knee Replacement) dengan sistem komputerisasi navigasi. Tepat dan Konsisten. Kini tersedia di LohGuanLye Spesialists Centre, Penang, Malaysia.

Total Knee Replacement (TKR) adalah salah satu pembedahan yang paling sukses pada zaman ini dengan hasil maksimal. Ada beberapa cara untuk pembedahan ini. Secara konvensional, seperti metode eye balling, membuat keadaan pasien lebih rumit, sakit dan banyak kehilangan darah. Prosedur dibuat dengan pengukuran dari posisi sendi menurut taksiran saja.

Menurut penelitian, meski penggantian lutut dengan metode konvensional dilakukan oleh spesialis bedah paling berpengalaman, menunjukkan hasil pada setiap pasien yang berbeda. Terutama pada kelicinan implan dan durasi tahan lama implan yang pendek.

Dengan demikian, sekarang telah tersedia pembedahan lutut dengan menggunakan metode komputerisasi navigasi yang berdasarkan sistem GPS (Global Positioning Sistem).

Prinsip komputerisasi navigasi ini menggunakan:
- Sensor berkomputerisasi, seperti satelit yang mengelilingi bumi
- Alat dengan signal Infrared (pointer dan tracker) seperti handphone atau PDA
- Peta, yaitu permukaan sendi.

Trackers adalah alat emitting signal yang tetap dan akan diletakkan di dalam tulang melalui pin. Sedangkan pointer akan mendaftarkan tulang dan memetakan permukaan sendi lutut tersebut. Model virtual 3D sendi lutut itu akan dikonstruksi di komputer dan akan mengatur mengaturan keseimbangan (alignment) kaki.

Dari kalkulasi komputer, sistem akan menunjukkan sudut pembentukan sendi lutut yang rusak dan adanya erosi permukaan sendi. Pada saat yang sama, kedalaman dan sudut pemotongan tulang, ukuran implan yang cocok, dan penempatan implan yang tepat pada tulang tersebut juga dapat dikalkulasi.

Beberapa keuntungan menggunakan sistem komputerisasi navigasi:
- Memberikan pemotongan tulang yang tepat
- Pengaturan keseimbangan (alignment) pada setiap individu atau pasien berdasarkan sudut kerusakan lutut masing-masing
- Bertambah tahan lamanya durasi implan
- Berkurangnya pendarahan
- Memberikan bimbingan dan bantuan pada saat pembedahan

“Banyak pasien yang sudah melakukan pembedahan lutut menggunakan sistem komputerisasi navigasi di LohguanLye Spesialists Centre (LSC). Mereka sangat puas dengan hasil akhir yang optimal dan kemampuan untuk berjalan kembali dalam jangka waktu yang tergolong cepat,” kata Imelda, Kepala Kantor Perwakilan LSC yang berlokasi di Ruko Cordoba, Pantai Indah Kapuk.

Akan tetapi, pembedahan lutut dengan sistem komputerisasi navigasi masih ada kelemahannya yaitu biaya yang lebih tinggi. Untuk jangka panjang, sistem navigasi akan sangat berguna di mana implan akan bertahan lebih lama serta menggunakan sistem pembedahan yang terkini.

Dengan kemajuan teknologi dan sistem komputer, setiap sistem penerbangan dan proyek besar didesain dan dikontruksi untuk ketepatan. Dengan cara yang sama, pembedahan lutut menggunakan sistem komputerasi navigasi masih belum trend, tapi akan segera menjadi teknik yang diharapkan di masa mendatang.