Selasa

Perbaikan Jembatan Cantiga

Selesai November Akhir

Menjelang penutupan tahun, di berbagai wilayah banyak dilaksanakan pembangunan atau perbaikan infrastruktur umum seperti jalan raya atau jembatan. Termasuk di Jl. Ahmad Dahlan, Duri Kosambi, Cengkareng yang merupakan wilayah perbatasan Tangerang - Jakarta.

Di lokasi tersebut, bukan perbaikan jalan yang sedang berlangsung, melainkan pembangunan ulang Jembatan Ahmad Dahlan atau lebih dikenal dengan Jembatan Cantiga.

Proyek pembangunan jembatan yang berada di Jl. Ahmad Dahlan, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang dan Jl. Duri Kosambi Raya, Jakarta Barat ini, bukanlah pembangunan baru, melainkan peremajaan sekaligus pengerjaan meninggikan posisi jembatan. Jalan Ahmad Dahlan sendiri merupakan jalan penghubung antara wilayah Kelurahan Cipondoh dengan Duri Kosambi.

Meski masuk dalam wilayah administratif Kota Tangerang, jembatan ini termasuk salah satu akses utama untuk masuk ke wilayah Jakarta Barat, khususnya ke wilayah Cengkareng dan Puri.

Proyek peninggian Jembatan Cantiga tersebut, sebenarnya sudah sejak lama dinantikan warga sekitar dan juga masyarakat pengguna jalan yang melintasi lokasi tersebut. Pasalnya, selama ini Jembatan Ahmad Dahlan selalu tergenang air alias banjir apabila musim penghujan tiba.

"Sudah dari dulu jembatan dan lokasi di sekitarnya kena banjir. Dan itu sudah langganan. Dengan adanya perbaikan atau peninggian untuk jembatan, tentu masyarakat pengguna jalan yang melintas tidak akan lagi terkena banjir di jembatan itu," kata Samsudin, warga sekitar.

Pengerjaan proyek pembangunan Jembatan Cantiga ini sudah dimulai sejak September lalu. Dari info yang terhimpun, pengerjaan proyek pembangunan Jembatan Cantiga dijadwalkan dapat selesai dalam waktu 180 hari kerja. Dari pantauan AdInfo, hingga pertengahan November lalu, pengerjaan proyek jembatan tersebut masih berlangsung dan dalam tahap penyelesaian.

Anggaran yang disediakan untuk pengerjaan proyek Jembatan Cantiga itu mencapai Rp 1,2 miliar lebih. Pekerjaannya meliputi pembongkaran jembatan lama, pembangunan jembatan baru sekaligus meninggikan jembatan, dan ditambah dengan perbaikan jalan.

Anggaran tersebut didapat dari APBD II, Tahun Anggaran 2010 Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum. Secara teknis, proyek perbaikan jembatan ini mencakup perbaikan untuk jembatan sepanjang 7,6 meter dengan lebar mencapai 12 meter. Kemudian, juga ditambahkan dengan perbaikan jalan di sekitar jembatan sepanjang 50 meter dengan lebar 7 meter.

Antisipasi banjir
Selama masa pengerjaan, tampak proses pembangunan jembatan tersebut cukup menghambat lalu lintas di sepanjang Jl. Ahmad Dahlan, terutama di sekitar lokasi proyek. Karena dibangun secara bertahap, arus lalu lintas terpaksa dibuat dengan sistem buka tutup.

"Waktu pembangunan jembatan berlangsung, memang cukup merepotkan pengguna jalan. Soalnya, jalanan jadi macet karena jembatan dibangun satu sisi dulu. Untuk mengatasi kemacetan, diberlakukan buka tutup jalan," jelas Samsudin.

Salah satu tujuan diperbaikinya Jembatan Cantiga adalah untuk mengurangi lokasi titik banjir di sepanjang Jl. Ahmad Dahlan. Jembatan Cantiga sendiri, sebenarnya menjadi salah satu titik rawan banjir. Makanya, peninggian jembatan dilakukan setinggi satu meter dari permukaan air kali pada batas normal yang ada di bawahnya.

Kini, dengan adanya jembatan yang lebih tinggi, banyak warga yang berharap banjir tidak akan lagi mengganggu aktivitas lalu lintas di sekitar jembatan. "Mudah-mudahan kalau jembatan ini selesai, banjir tidak lagi menutup jalan," kata Sutrisno, pengguna jalan yang melintas di lokasi proyek.

Dalam pengerjaannya, proyek ini sempat terganggu prosesnya karena musim hujan yang terjadi beberapa waktu lalu. Ketika hujan lebat turun, lokasi proyek sempat tergenang banjir dan pengerjaan terpaksa dihentikan sesaat.

Melihat besarnya anggaran yang disediakan, tentu sudah lumrah jika banyak warga berharap Jembatan Cantiga dapat berdiri kokoh untuk waktu yang lama. Selain itu, fungsi jembatan juga tidak terganggu dengan banjir apabila musim hujan tiba. "Karena dananya cukup besar, jembatan ini harus punya kualitas," imbuh Samsudin menambahkan komentarnya soal jembatan.

Perbaikan jalan dan jembatan Ahmad Dahlan bisa dipastikan rampung November akhir. Dan warga yang melintas di lokasi tersebut bisa melaluinya dengan tenang, tanpa khawatir terganggu proyek pekerjaan jembatan lagi.