Selasa

Siloam Hospitals Kebon Jeruk

Layanan Ambulan dalam 3 Menit

Ketika mendengar nama Lippo mungkin yang terpikirkan adalah perusahaan yang bergerak di bisnis keuangan, retail, atau properti. Tapi, tahukan Anda bahwa di bawah bendera PT. Lippo Karawaci tbk, saat ini Group Lippo juga memayungi unit bisnis di bidang layanan kesehatan. Siloam Hospitals Kebon Jeruk adalah salah satunya.

Berlokasi di Jl. Raya Perjuangan, Kebon Jeruk, Siloam Hospitals hadir melengkapi jajaran rumah sakit yang banyak berdiri di wilayah Jakarta Barat. Sebelumnya, rumah sakit ini lebih dikenal dengan nama Rumah Sakit Graha Medika. Setelah dua kali mengalami pergantian nama, pada akhir 2007 lalu, rumah sakit ini resmi berganti nama menjadi Siloam Hospitals Kebon Jeruk.

Hal ini berarti semakin mengukuhkan Group Lippo untuk serius berkonsentrasi di unit bisnis layanan kesehatan. Selain di Kebon Jeruk, Siloam Hospitals juga berdiri di Lippo Karawaci, Lippo Cikarang, Surabaya serta satu klinik khusus di Semanggi. Rencananya akan didirikan juga Siloam Hospitals Balikpapan dan Jambi pada akhir tahun 2010 ini.

Di samping kualitas pelayanan, teknologi alat kedokteran yang dimiliki pun sangat mumpuni dan terbilang modern dibanding rumah sakit lainnya. Seperti Dual Source CT Scan (pertama di Indonesia) dengan 128 Multi Slices, Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1,5 tesla, dan lain-lain.

Selain peralatan canggih dan modern, Siloam Hospitals juga memanfaatkan teknologi multimedia dengan menghadirkan teleconference yang terintegrasi secara real time dengan semua Siloam Hospitals. Biasanya, hal ini dilakukan untuk pasien dengan penyakit yang sulit ditangani.

Menurut Chief Executive Officer Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr. Pitono Yap, dengan dihadirkannya teknologi ini, pelayanan dan tindakan kami menjadi lebih unggul di antara jajaran rumah sakit sejenis di Jakarta Barat.

Fasilitas penunjang lain yang disediakan adalah Call Center untuk UGD yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya. Keunggulannya, ambulan yang digunakan dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang canggih berstandar internasional seperti laptop dan alat komunikasi pendukung yang memadai sebelum pasien sampai ke rumah sakit. Layanan ambulan ini siap dalam 3 menit setelah menelepon Call Center dan dinamakan Rapid Response Mobile Hospital.

Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dr. Pitono menjelaskan, selain penerapan 50 training/tahun untuk semua staf, kerjasama peningkatan SDM juga dilakukan dengan Singapore General Hospitals, Singapura.

Ketika ditanya mengenai tips memilih rumah sakit yang baik dan berkualitas, dr. Pitono mengatakan, hal tersebut bisa dilihat dari layanan UGD-nya. Kenapa begitu? Karena layanan ini merupakan pintu gerbang yang bisa merepresentasikan kualitas pelayanan rumah sakit itu sendiri.

Mengenai biaya pelayanan dan pengobatan di rumah sakit ini, angkanya terbilang bersaing. Sebanding dengan beberapa fasilitas yang menjadi andalan seperti, layanan medis berstandar internasional, peralatan yang modern, dan dokter dengan spesialisasi khusus di semua unit layanan.

Sekarang ini, dari sekitar 200 kamar pasien yang ada, dialokasikan sekitar 15 - 20% untuk kelas tiga seperti yang dianjurkan pemerintah. “Dengan fakta ini, berarti cakupan pelayanan kesehatan di Siloam Hospitals tidak melulu untuk kalangan menengah atas,” tutupnya.