Selasa

Liputan Fasilitas dan Layanan Kesehatan

Rasa Sehat dan Fasilitasnya di Komunitas

Tetap dalam keadaan sehat adalah dambaan semua orang. Bagaimana kita akan melaksanakan kegiatan untuk menunjang kehidupan, bekerja, beramal, dan beribadah, bila tidak ditunjang dengan kesehatan?

Kesehatan memang bukanlah segala-galanya, tapi tanpa kesehatan segala-galanya tidak ada artinya. Kesehatan bagaimanapun juga merupakan harta tak ternilai dan demi kesehatan segala upaya layak dipertimbangkan.

Terkadang, jika kita sudah terkena penyakit, kita baru pergi berobat ke penyedia jasa layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik kesehatan, terapi kesehatan, pengobatan dan masih banyak lagi jenisnya. Tersedianya macam layanan kesehatan adalah sebagai alternatif pilihan bagi konsumen untuk pengobatan penyakit yang diderita.

Ya, semua kembali kepada konsumen, terkadang ada satu penyakit yang sulit sembuh walaupun sudah ditangani oleh seorang dokter spesialis sekalipun. Namun, ketika mencoba pengobatan alternatif, tanpa diduga penyakit yang diderita mengalami kesembuhan permanen.

Perlu diingat bagi para konsumen. Jangan asal pilih tempat berobat atau rumah sakit, cek terlebih dahulu mutunya dari nara sumber yang dapat dipercaya.

Mengukur mutu pelayanan dapat dilakukan dengan melihat indikator-indikator mutu pelayanan rumah sakit yang ada di beberapa kebijakan pemerintah. Analisa indikator akan mengantarkan kita bagaimana sebenarnya kualitas manajemen input, manajemen proses dan output dari proses pelayanan kesehatan secara mikro maupun makro.

Sedangkan yang dimaksud pelayanan berkualitas, biasanya mengacu pada pengertian Quality of Care atau pelayanan yang menghormati hak-hak konsumen. Setiap konsumen memiliki hak yang dilindungi undang-undang.

Pengakuan Country Manager Advantcare Indonesia, Gaby Suhairy, pasien di rumah sakit di Malaysia dan Singapura adalah 70 persen orang Indonesia. Satu yang pasti, Indonesia harus berkaca kepada mereka. Pelayanan rumah sakit di kedua negara jajahan Inggris itu kualitasnya sangat bagus. Itu karena pemerintah dan pihak rumah sakit di sana begitu pandai mengemas rumah sakit menjadi penghasil devisa.
Advantcare—Integrates Global Healthcare sendiri mewakili beberapa rumah sakit ternama di Malaysia, Singapura dan juga beberapa negara lainnya.

“Kami menyediakan layanan informasi agar konsumen dapat berobat ke Malaysia dan Singapura dengan nyaman, mudah serta biaya seefisien mungkin. Advantcare menawarkan 3 pilihan paket check kesehatan untuk perorangan dan perusahaan (Home Essential Screening Package, Home Deluxe Package dan Home Executive Package),” katanya.

Senada dengan Advantcare, LohGuanLye rumah sakit yang berpusat di Penang Malaysia ini, membuka kantor perwakilannya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Penuturan Kepala Kantor Perwakilan LohGuanLye Indonesia, Imelda, LohGuanLye adalah pusat kesehatan “one stop” yang menyediakan layanan kesehatan yang sangat komprehensif dengan fasilitas kesehatan yang berkualitas. Mulai dari pencegahan, diagnosis, dan pengobatan berbagai macam penyakit.

Tak jauh berbeda pendapat dengan Gaby Suhairy, Dr. Irene, Sp. A, mengatakan, sebenarnya Indonesia mempunyai banyak stok dokter spesialis berbagai penyakit berkelas internasional. Dan mereka berpraktek di rumah sakit di Indonesia.
Bicara klinik, kata Irene, Healthykids misalnya, memiliki misi yang bersifat holistik dalam memberikan pelayanan kesehatan anak. Healthykids Clinic juga telah mengembangkan pelayanannya dalam bidang kesehatan reproduksi dan kandungan.

Selain itu pula, Healthykids Clinic juga sedang merencanakan pengembangan pelayanan terapi bagi anak-anak dengan gangguan perkembangan. Dewasa ini jumlah anak yang mengalami gangguan perkembangan makin meningkat dengan semakin meningkatnya pengetahuan dan kepedulian para orangtua, khususnya pasangan muda mengenai pentingnya aspek-aspek perkembangan pada anak.

Demikian pula dengan Jesslyn Meddical Clinic, Klinik yang berlokasi di bilangan Cengkareng ini, menjadi pilihan tepat untuk Anda berobat karena didukung oleh para dokter spesialis yang profesional dan berpengalaman serta perawat yang terampil dan terlatih.

“Bukan hanya itu, JMC juga hadir untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan, menawarkan layanan bermutu, sentuhan pribadi baik dari dokter, perawat serta seluruh staff JMC,” kata salah satu dokter Jesslyn Medical Center, Dr.Indahwati S II Bio Medik Kekhususan Anti Aging Medicine.

Selain rumah sakit dan klinik, keberadaan sebuah laboratorium mempunyai peranan penting untuk mendiagnosa sebuah penyakit.

Seperti halnya Winner Lab.Klinik & Rontgen yang merupakan laboratorium khusus diagnosa darah dan dilengkapi perlengkapan diagnosa darah terkini seperti, laboratorium rontgen, check jantung, treadmill, spedometer, audiometer, ECG, dll.

DW Diagnose Winner Lab.Klinik & Rontgen mempunyai misi lebih mengutamakan kepuasan konsumen dengan hasil diagnosa yang valid. “Oleh karena itu, DW didukung dengan beberapa dokter spesialis, patologi clinic, radiologi, dan spesialis jantung,”kata Manager Marketing DW Diagnose Winner Lab.Klinik & Rontgen, Haugiyanto Kiro.

DW Diagnose Winner Lab.Klinik & Rontgen juga memiliki fasilitas mobil rontgen untuk melayani konsumen dan instansi-instansi. Bentuk pelayanan tersebut merupakan wujud komitmen laboratorium klinik ini untuk memberi yang terbaik.

Jenis Pelayanan Kesehatan
Ada beberapa jenis rumah sakit yang harus kita ketahui. Rumah Sakit Umum(RSU), misalnya, di sini melayani hampir seluruh penyakit umum. Biasanya, RSU memiliki institusi perawatan darurat yang siaga 24 jam (ruang gawat darurat) untuk mengatasi bahaya dalam waktu secepatnya dan memberikan pertolongan pertama. Kapasitas rawat inapnya sangat besar untuk perawatan intensif ataupun jangka panjang.

Rumah sakit jenis ini juga dilengkapi dengan fasilitas bedah, bedah plastik, ruang bersalin, laboratorium, dan sebagainya. Tetapi kelengkapan fasilitas ini bisa saja bervariasi sesuai kemampuan penyelenggaranya.

Selain itu, ada pula Rumah Sakit Terspesialisasi. Rumah sakit jenis ini mencakup trauma center, rumah sakit anak, rumah sakit manula, atau rumah sakit yang melayani kepentingan khusus seperti psychiatric (psychiatric hospital), penyakit pernapasan, dan lain-lain.

Jenis rumah sakit lainnya adalah klinik. Fasilitas medis yang lebih kecil yang hanya melayani keluhan tertentu. Biasanya, dijalankan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat atau dokter-dokter yang ingin menjalankan praktek pribadi. Klinik biasanya hanya menerima rawat jalan. Bentuknya bisa pula berupa kumpulan klinik yang disebut poliklinik.