Selasa

RS Puri Indah

Dengan Fasilitas yang Serba Pertama

Pertumbuhan rumah sakit di Indonesia bisa dikatakan berkembang pesat. Setelah banyak orang mengeluhkan pelayanan rumah sakit yang bertele-tele, kini muncul berbagai rumah sakit swasta dengan misi mengedepankan pelayanan. Namun, untuk mendapatkan rumah sakit yang benar-benar bisa memberikan lebih dari sekedar pelayanan, hanya bisa didapat di Rumah Sakit Puri Indah (RSPI).

Rumah Sakit Puri Indah merupakan rumah sakit kedua yang dibangun dan dimiliki RS Pondok Indah Group setelah RS Pondok Indah. RSPI tidak hanya mengedepankan pelayanan terbaik kepada pasien, tapi juga pada keluarga pasien.

Menurut Corporate Communication Manager RS Puri Indah, Dr. Mus Aida, MARS, selain peralatan yang canggih dan SDM berkualitas, rumah sakit yang baik bisa dilihat dari cara berkomunikasi dokter-dokter dan perawat kepada pasien maupun keluarga pasien itu sendiri.

Sebagai rumah sakit modern, RSPI memiliki lebih dari 100 dokter spesialis dari berbagai bidang profesi, perawat yang terampil, dan dilengkapi peralatan medis terkini, serta berbagai layanan unggulan/center of excellence pada setiap klinik.

Seperti halnya Klinik Saluran Cerna, Hati & Pankreas (Gastrointestinal Liver & Pancreas Center) yang melayani pasien dengan kelainan sistem saluran cerna, hati dan pankreas. Pelayanan di klinik ini dilakukan secara komprehensif oleh tim dokter professional dari berbagai disiplin ilmu, sehingga pasien dapat menuntaskan penyakitnya dalam satu waktu/tempat.

Dalam menjaga data rekam medis pasien, RSPI merupakan pelopor penggunaan teknologi E-Medical Record(Electronic Medical Record), di mana data dan informasi pasien dikelola dan disimpan secara elektronik. Sehingga dokter, paramedis, dan pihak yang berkepentingan, dapat mengakses data dan informasi pasien secara cepat, komprehensif, dan terintegrasi di unit layanan tertentu.

Kebutuhan kamar untuk rawat inap di RSPI bisa mengakomodasi sekitar 200 orang pasien. Fasilitas kamar operasinya pun didukung dengan peralatan Endo Alpha, lagi lagi RSPI Merupakan pengguna pertama penggunaan teknologi ini dan merupakan yang ke-3 di Asia Tenggara. Endo Alpha merupakan alat yang digunakan dalam berbagai macam tindakan operasi invasif minimal dari penyakit kelainan kandung empedu, kelainan rongga toraks atau VATS (Video Assisted Thoracoscopy Surgery), sampai penyakit di bidang Urologi.

Dengan Endo Alpha, tindakan pembedahan yang dulu dilakukan dengan sayatan lebar, kini cukup dengan sayatak kecil untuk mencapai organ tubuh yang akan dioperasi. Hasil pemulihan pun lebih cepat dan tidak merusak bagian tubuh yang disayat.

Tak kalah dengan Endo Alpha, RSPI juga dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan medis bedah dan penyakit dalam Endo Rectal Ultra Sonografi (ERUS) yang hanya dimiliki RSPI. ERUS dapat melakukan pemeriksaan kontinyu dan berputar sehingga bukan hanya dapat melihat besarnya tumor, tapi juga gambaran kelainan usus besar.

Saat ini, RSPI juga telah memperoleh pengakuan jaminan mutu layanan kesehatan/akreditasi dari Kementrian Kesehatan RI dan saat ini sedang mempersiaplkan akreditasi dari Badan Akreditasi Internasional Joint Commission International (JCI).

Rumah Sakit yang Baik
Setidaknya ada beberapa cara yang menjadi acuan dasar bagi pasien/calon pasien dalam memperoleh gambaran tentang baik tidaknya rumah sakit pilihan. Salah satunya adalah dengan mencari informasi dari dokter keluarga atau kerabat.

Beberapa hal yang bisa ditanyakan adalah bagaimana dokter dan perawat di rumah sakit tersebut berkomunikasi dengan pasien? Bagaimana kondisi peralatan medis yang dimiliki? Apakah ada customer service yang dapat memberikan bantuan atau informasi yang diperlukan? Apakah administrasi rumah sakit tersebut memudahkan anda justru mempersulit? Apakah di lingkungan rumah sakit tersebut terdapat cukup petunjuk (direktori) sehingga pengunjung tidak bingung/tersesat? Apakah tersedia sarana penunjang lainnya?

“Adalah hal yang wajar jika pasien melihat succes rate sebagai salah satu parameter penilaian rumah sakit, karena kualitas tenaga medis merupakan faktor penentu dari berhasil atau tindaknya sebuah tindakan medis. Artinya, sangat wajar jika pasien terlibat aktif dalam menanyakan berbagai hal yang berhubungan dengan penyakit maupun track record dokter yang memeriksanya,” kata Dr. Mus Aida, MARS.

Selain itu, untuk kepuasan pasien, RSPI juga menyediakan fasilitas dan layanan unggulan lain seperti, layanan medical center, layanan penunjang medis, executive health check up, dan layanan umum.