Jumat

Sekolah Town for Kids

What Is Going On in
Kedoya, Jakarta Barat?


Bulan November ini, sekolah T4K Kedoya, Singapore Preschool, mengadakan acara field-trip ke Taman Safari dengan mengajak semua anak-anak dan orang-tua.

Tujuan field-trip adalah sesuai dengan tema kurikulum agar anak-anak melihat secara nyata kehidupan binatang di alam terbuka. Untuk mengenal lebih lanjut tentang T4K, kita mengunjungi sekolah yang terletak di Jl. Palma Raya Blok FC No 1.

Kesan pertama ketika mengunjungi sekolah Town for Kids (popular sebagai T4K school) adalah sekolahnya bersih dan teratur rapih. Lokasinya juga sangat strategis karena terletak di sebelah Kedoya Sportclub, dan tempat parkirnya juga sangat luas.
Anak-anak yang belajar di sana juga terlihat sangat gembira dan tidak terlihat beban menerima pelajaran, walaupun pelajaran yang diberikan termasuk berbobot.

Terlihat anak-anak kelas K2 (Kindergarten 2 untuk persiapan masuk ke Sekolah Dasar) sedang mempelajari tentang pelajaran science, yaitu tentang skeleton tubuh manusia dan sistem pencernaan.

Bahasa pengantar setiap hari di kelas adalah Bahasa Inggris, dan anak-anak juga mendapatkan pelajaran Bahasa Mandarin.

Menurut Sintawaty, Center Manager T4K Kedoya, keunggulan sekolah terletak pada pengajaran yang menggunakan pendekatan pengajaran multi-intelligence, sehingga anak-anak tidak hanya cakap dalam salah satu aspek intelligence, tetapi mereka dirangsang agar perkembangan seluruh aspek intelligence-nya menjadi optimal. Media pembelajarannya menggunakan creative music and movement, integrated multimedia based learning, gestaltian thinking skills, montesorrian play, dan fun & play project.

Kegiatan luar sekolah juga sering diadakan seperti telah disebutkan di atas, field-trip ke Taman Safari yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 November 2010. Berbagai kegiatan lain untuk menjalin keakrabaran di antara orang tua, diantaranya Summer-Camp, dan Family Day. Juga peringatan hari besar lainnya, seperti: Lebaran, Haloween, hari kemerdekaan, hari Kartini, Imlek, Natal & Tahun Baru, dan Academic Year End untuk kenaikan kelas. Semuanya itu dilakukan oleh sekolah agar anak-anak bisa menjadi manusia seutuhnya dan menghargai perbedaan agama, suku, dan berbagai hari besar lainnya.

T4K menerima siswa mulai dari usia 18 bulan sampai 6 tahun, yaitu kelas PG (Play Group), Nursery 1, Nursery 2, Kindergarten 1, dan Kindergarten 2.