Sabtu

Suki Zen

Primadona Kuliner Suki dan Cuisine

Sesuai namanya yang diadopsi dari bahasa jepang, Suki Zen memiliki beragam menu Negeri Matahari seperti suki yang menjadi andalan di restaurant ini.

Saat pertama kali menginjakkan kaki ke dalam resto ini, pengunjung akan merasakan suasana restoran keluarga yang santai dan nyaman. Hal itu terlihat pada desain ruangan yang berkarakter modern minimalis dengan sentuhan warna khas krem dan merah di beberapa sisinya.

Tata ruang dengan gaya artistik negeri matahari (jepang) kental terlihat mendominasi seluruh bagian ruang dan sengaja diterapkan guna mendukung aura makan pengunjung.

Suki Zen menempatkan diri sebagai family restaurant kelas menengah ke atas yang rileks dan nyaman serta memiliki beragam menu berkelas dengan harga yang terjangkau.
Dari segi tampilan ruang, restaurant ini memang terkesan mewah. Tapi tenang saja, untuk masalah harga makanan benar-benar terjangkau. Dengan hanya ± Rp 50-75 ribu, pengunjung sudah dapat menikmati 3-4 macam menu Suki yang lezat.

“Penikmat suki, shabu-shabu, dan chinese cuisine terus bertambah dan restaurant yang sediakan menu-menu tersebut masih jarang, untuk itu kami hadir di Komplek Taman Ratu ini guna manjakan lidah para pecinta kuliner Jepang dan chinese cuisine,” jelas Manajer Suki Zen, Nono.

Nono menambahkan, selain itu, pada dasarnya sang pemilik restoran ini juga gemar menyantap sekaligus hobi memasak berbagai menu jepang, Thailand, dan chinese cuisine.

Restoran keluarga ini menerapkan konsep cooking on the table atau pengunjung memasak langsung di meja makan, karenanya disediakan kompor mini di atas meja. Dengan begitu, pengunjung dapat ber-eksperimen guna tentukan tingkat kematangan masakan yang diinginkan.

Kesegaran makanan pun dapat dilihat sebelum maupun sesudah dimasak dan masakan pun akan selalu terjaga tingkat panasnya.

Pada akhirnya, Anda tak perlu merasa khawatir dan was-was saat ingin menyantap makanan di resto ini, bahan dasar yang dimasak ternyata cukup higienis (bersih) serta terjamin kesegarannya.

Dahsyatnya Menu Suki
Ada beragam menu Suki yang ditawarkan Suki Zen, di antaranya: Australian Certified Angus Beef (terdiri dari bagian sirloin dan rib eye), sukizen roll, brokoli isi udang, ikan Pipih, bakso udang gulung tahu, bakso ikan gulung telur, pangsit udang, jamur shitake, konyaku jelly fish, dan masih banyak lagi.

Uniknya, menu Suki tidak dimakan begitu saja, ada tambahan kuah sebagai pelengkap dasar yang dapat memperkuat cita rasa Suki. Tersedia dua macam kuah (kuah Tom Yam dan kuah kaldu) dengan karakter rasa berbeda yang sudah dididihkan terlebih dahulu. Keduanya dibuat dari racikan bumbu rempah-rempah tradisional yang saling berbeda.

Kuah Tom Yam dibuat dari proses perebusan serai, salam, jeruk nipis, chili sauce, dan chicken powder. Sedangkan rasa kuah Kaldu yang netral tercipta oleh perpaduan dari rebusan ayam kampung utuh, sawi putih, dan bumbu kaldu ayam.

Kuah dengan beda karakter tersebut, sengaja dibuat agar lebih terasa di tubuh. Selain dapat menghangatkan, ternyata juga berguna untuk menambah vitalitas dan kesegaran tubuh.

Cara masak Suki pun mudah, semua menu suki yang fresh dimasukkan ke dalam dua macam kuah tadi. Penempatannya tinggal sesuai selera mau ke dalam kuah Tom Yam yang terasa sedikit asam pedas (dari jeruk nipis segar dan chili sauce) ataun kuah kaldu (dari citarasa sari ayam kampung utuh).

Tunggu kuah Suki hingga mendidih 5 – 10 menit, pilih selera Suki yang ingin disantap dan rasakan sensasi kuliner Jepang yang sesungguhnya.



Sukizen Roll dan Brokoli Isi Udang
Hampir semua menu suki di resto ini menunjukkan rasa yang benar-benar berkelas, yang paling unik adalah Sukizen Roll dan Brokoli isi udang.

Bagian isi dari Sukizen Roll sangat gurih dan lembut. Ada cita rasa udang di balik setiap gigitan. Kulit luarnya diikat dengan daun Kucay dan bisa langsung dimakan. Jangan lupa tambahkan kuah Tom Yam atau kuah kaldu, maka semakin dahsyat rasanya.

Apalagi Brokoli Isi Udangnya, paduan rasa brokoli yang disatukan dengan bakso udang, sangat pas terasa. Ketika digigit, rasa brokoli dan bakso udangnya menyatu di lidah.
Anda juga harus mencoba Bakso Udang Gulung Tahu yang kental dengan rasa khas udang dan Bakso Ikan Gulung Telur dengan aroma khas ikan. Untuk menu kedua, meski beraroma ikan, namun tidak ada bau amis telur. Itu karena telurnya sudah diolah matang.

Tidak butuh waktu lama untuk memasak suki (selain sayuran) karena memang sebelumnya hampir semua bahan dasarnya sudah dimasak setengah matang. Namun, untuk standar kematangan, Suki Zen menyarankan 5 - 10 menit.

Crispy-nya Cumi Lada Garam & Cakwe Udang
Cumi Lada Garam dan Cakwe Udang Goreng adalah dua menu andalan cuisine Suki Zen. Cumi Lada Garam, hanya namanya saja yang berkonotasi garam. Padahal, justru rasa gurih yang terasa keluar saat disantap.

Cumi Lada Garam dibuat dari bahan dasar cumi impor dicampur dengan lada, garam, dan bumbu lain. Memasaknya, cumi yang sudah dibumbui lalu dibalut dengan telur dan tepung roti kemudian digoreng hingga hasilnya crispy saat dimakan.

Cakwe Udang Goreng juga tak kalah crispy-nya. Cakwe yang garing dipadu dengan empuknya bagian isi tengah yang sangat terasa khas udang. Penganan ini banyak diminati pengunjung karena teksturnya yang garing dan biasa dijadikan pelengkap Suki atau Shabu-shabu. Satu porsi besar Cakwe Udang Goreng hanya Rp 18 ribuan.

Selain kedua menu yang disebutkan diatas, masih terdapat banyak pilihan diantaranya seperti Gurame Pattaya, Udang Tiger goreng (special Suki Zen), dan lain sebagainya.

Ponzu & Suki Sauce Khas Suki Zen
Ponzu dan Suki Sauce menjadi ciri khas sekaligus saus unggulan Suki Zen sebagai pelengkap shabu-shabu. Dua rasa saus yang berbeda dan unik dapat menggugah selera makan para pengunjung.

Selain menu-menu di atas, Suki Zen juga menyediakan berbagai minuman dan dessert favorit pengunjung mulai Ice Tea, soft drinks, hingga Oreo Coffee Float, Green Juice, dan beragam jus buah (alpukat, jambu, jeruk, sirsak, strawberry, Coconut Thai Pudding, dan Suki Zen Fruit Punch).

Menu penutup unggulan Suki Zen dan sering dipesan yaitu Coconut Thai Pudding. Rasa kelapa alaminya unik. Pudding-nya berasa manis alami sari kelapa dengan tambahan potongan mangga di dalamnya.

Ada juga Green Juice sebagai minuman favorit pengunjung. Minuman ini terbuat dari sayuran sawi hijau diblender dengan jeruk lemon dan disajikan dingin. Umumnya, Green Juice banyak dipesan oleh pengunjung yang telah berusia lanjut karena khasiatnya.