Rabu

Balance Pilates Studio, Studio Khusus Pilates

Mempunyai postur tubuh yang baik adalah idaman semua orang. Postur tubuh yang baik, dengan punggung lurus, bahu tegap, serta otot-otot yang kuat dan lentur merupakan salah satu kunci kebugaran tubuh. Postur tubuh yang baik selain dibentuk dengan kebiasaan sikap tubuh yang baik, juga dapat diperoleh dengan latihan olahraga teratur.

Olahraga yang dimaksud bisa dengan melakukan senam Pilates. Untuk bisa menguasai olahraga ini, kita harus mengikuti kursus atau datang langsung ke tempat-tempat senam seperti Balance Pilates Studio. Studio yang berlokasi di Komplek Graha Mas ini hadir sejak Januari 2008 lalu.

Menurut Instruktur Balance Pilates Studio, Jessica, studio ini khusus untuk Pilates dan dilengkapi dengan peralatan mutahir khusus Pilates seperti, Reformer dan Cadillac yakni alat untuk melatih semua otot dalam posisi tidur,-duduk-berlutut, Stability Chair yang fungsinya untuk melatih stabilitas badan ketika kita duduk-berlutut-berdiri, dan beberapa peralatan penunjang lain untuk menguasai Pilates.

Olahraga ini bisa dibilang sedikit rumit, kata Jessica, senam Pilates secara kasat mata tampak mirip dengan Yoga. Salah satu perbedaannya, Pilates kerap menggunakan berbagai alat dalam gerakan-gerakan tertentu.

“Senam Pilates memiliki teknik napas tertentu yang dipraktikkan dalam setiap gerakan. Bernapas tidak dengan perut atau dada, tapi dengan diafragma, sekitar rusuk bagian atas antara dada dan perut. Inilah yang membuat orang biasanya mengalami kesulitan dengan teknik pernapasan seperti itu,” ungkap Jessica.

Balance Pilates Studio menyediakan kelas grup dan privat. Perbedaannya, untuk kelas grup, waktunya sudah ditentukan setiap Selasa dan Jumat pukul 11.00. Sedang kelas privat, waktu bisa diatur sesuai keinginan peserta. Namun, agar lebih fokus, peserta grup dibatasi maksimal hanya 6 orang. Berbeda dengan kelas privat yang hanya 1-2 orang.

Senam pilates banyak melatih otot-otot perut, punggung bagian bawah, sekitar panggul, dan bokong, yang semuanya disebut sebagai core muscle. Otot-otot yang dilatih tersebut bukan hanya otot luar, tapi juga otot dalam yang jarang dijadikan fokus latihan dalam senam-senam biasa.


Anonim mengatakan...

Doing pilates gives me better posture, body awareness and flat stomach:) I recommend this exercise for anyone wants to improve his/her physical health. Stott pilates training is excellent, and thanx to Jessica, I feel truly balance here.