Senin

Pondok Selera Sehat


Rumah Makan Sesuai Golongan Darah

Pernahkah Anda bertanya, mengapa sebagian orang rapuh dan rentan terhadap infeksi? Sedangkan orang lain tahan banting? Mengapa sebagian orang mudah menurunkan berat badan dengan diet tertentu, sedangkan yang lain gagal? Mengapa beberapa orang lebih cepat tua dan mengidap berbagai penyakit? Sementara yang lain tetap penuh vitalitas di usia senja.


Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas bisa ditemukan dengan memulai pola makan sehat sesuai golongan darah seperti yang dianjurkan ahli Naturopatis dari Amerika Serikat, Dr.Peter J. D’Adamo. Dia mengemukakan diet berdasarkan golongan darah yang disebut “Diet Sehat Golongan Darah”.

Konsep dasar diet ini adalah diet tanpa rasa lapar berdasarkan golongan darah. Artinya kita kembali atau mengacu pada warisan golongan darah dari leluhur dan pengaruh Lektin terhadap kesehatan tubuh.

Kunci suksesnya adalah kesadaran bahwa setiap makanan memiliki nilai khusus bagi setiap golongan darah, termasuk ketika menghadapi situasi kesehatan tertentu.

Lektin adalah protein yang beraneka ragam dalam semua bahan makanan. Terutama biji-bijian dan polong-polongan yang sifatnya menggumpal dan memengaruhi darah. Jika Anda memerhatikan sejarah munculnya tipe darah dan pengaruh Lektin, bisa ditarik benang merah bahwa golongan darah ada hubungannya dengan pola makan.

Dilihat dari proses perubahan dan terjadinya keempat golongan darah, Dr. D’Adamo yakin bahwa kemampuan manusia beradaptasi dengan lingkunganlah yang menyebabkan terjadinya perubahan golongan darah. Adaptasi tersebut berkaitan dengan makanan yang diasup dan itulah sekaligus menjadi kunci hidup sehat nenek moyang kita.

Dengan mengacu pada penemuan di atas, Lucia Tantri yang sangat peduli akan kesehatan, membuka Rumah Makan Pondok Selera Sehat sekitar 6 bulan lalu di Jalan Meruya Ilir, Jakarta Barat. Pondok Selera Sehat menyediakan segala jenis menu makanan dan minuman sesuai golongan darah. Menurutnya, rumah makan seperti ini terbilang sangat langka. Di Indonesia sendiri, baru rumah makan ini yang menyediakan menu sesuai golongan darah.

Tahukah Anda, bila makanan sebagai penyumbang nutrisi tubuh tidak sesuai dengan golongan darah, maka tidak akan terserap tubuh. Sehingga cenderung menyebabkan obesitas dan penyakit lain seperti, gangguan sistem pencernaan, menurunkan daya tahan tubuh, terganggunya metabolisme tubuh yang mengakibatkan penyakit kronis seperti tinggi kolestrol, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, jantung, asam urat, radang usus besar, anemia, stress dan depresi, kegemukan, atau penurunan berat badan.

Saat ini, kata Lucia, banyak pengusaha kuliner yang kurang peduli kesehatan konsumennya. Padahal mereka bisa memulainya dari pemilihan bahan baku masakan hingga bumbu-bumbu yang digunakan.

Pondok Selera sendiri sangat selektif dalam memilih bahan makanan hingga penggunaan bumbu masak. “Untuk sayuran kami menggunakan sayuran organik yang didatangkan langsung dari wilayah Puncak, Jawa Barat,” ungkap Lucia.

Lucia sendiri membuka Pondok Selera agar masyarakat bisa hidup sehat. “Jangan pernah beranggapan bahwa kesehatan itu mahal. Itu tidak akan terjadi jika kita mau mengonsumsi makanan sehat dan sesuai golongan darah masing-masing,” tukas Lucia.

Sesuai Golongan Darah

Masing-masing golongan darah memiliki kaitan dengan apa yang dikonsumsi dan gangguan kesehatan yang sering dialami. Untuk golongan darah O, masalah kesehatan yang paling sering dijumpai adalah naiknya asam lambung yang menyebabkan luka lambung, radang sendi seperti asam urat, peredaran darah terganggu, penyumbatan alteri, gangguan tiroid, sinusitis, luka nanah (borok), penyakit jantung, dan masalah pembekuan darah.

Dengan begitu, mereka yang memiliki golongan darah O dianjurkan untuk mencerna protein hewani. Makanya, dianjurkan mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat (high protein law carbohydrat) untuk menjaga kesehatan.

Sedangkan mereka yang bergolongan darah A, sangat memerlukan makanan sealami mungkin untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sekaligus menghambat perkembangan berbagai penyakit berbahaya dengan mengonsumsi makanan vegetarian.

Lain halnya dengan golongan darah B, disarankan mengonsumsi daging merah seperti daging domba, kambing, atau kelinci. Jenis daging-daging ini lebih disarankan karena proteinnya lebih mudah dipecah menjadi asam amino yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang sakit.

Pilihan daging-daging tersebut lebih baik dibanding daging ayam, kalkun, atau bebek karena lektin (proteinnya) dapat mengentalkan atau menggumpalkan darah dalam jumlah yang berlebihan. Jika terjadi penurunan daya tahan tubuh, disarankan mengonsumsi domba, kambing, atau kelinci 2 – 3 kali seminggu.

Menu Pondok Selera
Kisaran harga makanan di Pondok Selera Rp 10.000 - 22.500, cemilan Rp 1000 – 9000, dan jus Rp 12.500. Selain bisa menyantap langsung di tempat, Pondok Selera Sehat juga menyediakan layanan antar. Berikut beberapa menu sesuai golongan darah:

1. Menu Golongan Darah O
Makanan: sop buntut, sop iga sapi, gulai kambing tanpa santan, udang goreng asam manis, gurame asam manis, bubur sapi/ayam/ikan, nasi putih organik, ayam goreng, tahu/tempe goreng dan kerupuk.
Cemilannya : lumpia, bola kentang keju, kentang isi daging, timus isi daging, kentang goreng dan lainnya. Jus: jus apel Malang, jeruk, Nanas Klutuk, Klutuk Apel, Black Soya, Campur Sari Stroberi.

2. Menu Golongan Darah A
Makanan : nasi goreng vegetarian, nasi goreng ayam, nasi siram ayam, sup baso tahu telur
Jus : jus Melon Kiwi, Apel Beri, Wortel Seledri dan lainnya.

3. Menu Golongan Darah B
Makanan : nasi goreng kambing, nasi siram sapi, gulai kambing, sapi lada hitam, dan lainnya.
Jus : jus kombinasi melon pepaya, klutuk apel wortel dan lainnya.

4. Menu Golongan Darah AB
Makanan : cumi goreng tepung, gurame saus asam manis, lele goreng, tahu tempe, lalap dan lainnya.
Jus : jus campur sari stroberi, timun sal, apel beri, dan lainnya.