Sabtu

Penyembuhan Prana

Oleh: Ir. Herman Wilianto MSP, Phd

Bagi orang awam, pengobatan Prana merupakan semacam keajaiban yang sulit dipercaya. Memang sangat luar biasa – hanya dengan menggerakkan tangan dengan metode tertentu sambil berkonsentrasi, berbagai permasalahan emosional, fisik, dan mental dapat teratasi.

Mungkin Anda bertanya dalam hati, bagaimana mungkin? Bukankah kemampuan seperti ini hanya dimiliki oleh paranormal dan segelintir orang berbakat saja? Tetapi metode penyembuhan yang telah tersebar di 26 negara ini membuktikan bahwa keajaiban ini bisa saja dipraktekkan oleh tetangga atau rekan kerja Anda – dengan kata lain, oleh masyarakat modern.

Lantas apakah yang dilakukan oleh metode penyembuhan ini sehingga bisa begitu efektif? Dalam teori Prana, alam semesta ini merupakan lautan energi, dan tubuh fisik merupakan energi yang memadat dan mewujud. Tubuh fisik kita selalu dilingkupi luar-dalam oleh tubuh energi yang lebih halus, atau sering juga disebut aura.
Untuk sebagian besar kasus penyakit, energi negatif penyakit tersebut biasanya muncul dalam tubuh energi atau aura sebelum timbul secara fisik. Oleh karena itu, suatu penyakit dapat dicegah perwujudannya dengan cara membersihkan energi negatif yang berada di tubuh aura. Kebalikannya pula, dengan membersihkan dan melancarkan energi tubuh, maka penyakit yang sudah masuk ke tubuh fisik akan ikut membaik.
Aura ini sudah mulai bisa direkam oleh alat tertentu, dan melalui alat tersebut frekuensi energi aura diubah ke dalam gelombang warna yang bisa dilihat oleh mata telanjang. Warna-warna ini bisa berubah sesuai dengan kondisi tubuh kita, dan tiap warna dikaitkan dengan chakra yang memiliki fungsi tertentu. Ilmu yang mengajarkan mengenai sistem energi dalam tubuh ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, dan dipraktekkan untuk mengolah spiritualitas dan kesehatan.

Penyembuh Prana tidak hanya membersihkan aura pasien, tetapi juga menyalurkan energi menggunakan telapak tangannya. Karena energi yang dipancarkan sifatnya sangat halus (baca: non fisik), maka energi ini tidak dibatasi oleh benda-benda fisik. Penyaluran energi dilakukan tanpa menyentuh pasien, sehingga bisa juga dilakukan jarak jauh.
Bahkan tidak mustahil bisa menyembuhkan pasien di luar negeri sekalipun.

Sungguh banyak kelebihan metode penyembuhan Prana, dan salah satu yang paling krusial dalam menyembuhkan pasien adalah minimnya efek samping dibandingkan mengonsumsi obat-obatan sintetis. Seringkali seorang pasien memiliki penyakit komplikasi, sehingga untuk meminum obat penyakit yang satu bisa berakibat fatal untuk penyakit yang lain.

Dalam hal ini, metode Prana terbukti sangat lembut dan fleksibel. Dasar penyembuhan Prana adalah mengembalikan keseimbangan energi tubuh, sehingga dengan demikian akan membangkitkan kembali kemampuan tubuh yang alami untuk menyembuhkan diri.

Bagi orang awam, penyembuhan Prana hampir disamakan dengan Reiki – hanya saja, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara kedua aliran ini. Seorang penyembuh Prana mengandaikan, bahwa memberikan energi kepada seseorang tanpa membersihkan energinya terlebih dahulu, sama saja dengan menuang kopi ke dalam cangkir bekas.
Beberapa penyembuh Reiki juga merasa bahwa metode Reiki lebih terasa khasiatnya setelah dicoba digabungkan dengan metoda pembersihan yang diambil dari teknik penyembuhan Prana.

Perlu diingat bahwa walaupun dikemas secara lugas dan cukup sederhana oleh pendirinya, Master Choa Kok Sui asal Filipina, teknik Prana ini sebaiknya digunakan secara hati-hati. Penyembuh Prana rentan terkontaminasi energi negatif, terutama bila dia lalai membersihkan energi tubuhnya sendiri.

Energi kotor yang menumpuk bisa mengakibatkan penyakit yang lebih parah, tetapi hal ini tidak akan terjadi bila aturan-aturan penyembuhan diikuti secara konsisten. Namun dengan meningkatnya kemampuan si penyembuh, badannya akan lebih terbiasa membersihkan diri secara otomatis. Proses ini biasanya terjadi saat penyembuh menyalurkan energi penyembuhan pada pasien dan juga pada saat bermeditasi. Dengan sendirinya, seorang penyembuh Prana akan memiliki tubuh yang lebih sehat.

Selain sebagai metode penyembuhan, Prana juga merupakan jalan untuk mengembangkan spiritualitas dan kesadaran diri. Alangkah baiknya jika pengetahuan mengenai Prana bisa menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat – seperti cita-cita pendirinya, Master Choa Kok Sui : satu penyembuh Prana di setiap rumah. Dunia akan menjadi jauh lebih sehat dan harmonis!