Senin

Jakbar Kembali Raih Piala Adipura

Untuk kali ketiga Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat berhasil meraih piala penghargaan Adipura 2008. Jakarta Barat menduduki peringkat III nasional untuk kategori kota metropolitan, setelah Palembang dan Jakarta Selatan.

“Alhamdulillah, atas kerjasama seluruh instansi dan dukungan komponen masyarakat, untuk yang ketiga kalinya Jakarta Barat meraih penghargaan Adipura/Bangun Praja,” ujar Pelaksana Harian (Plh) Walikota Jakarta Barat, H Murdhani, di ruang serba guna kantor walikota, usai memboyong piala yang diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Kamis (5/6).

Dijelaskan, penghargaan Adipura melalui program Bangun Praja adalah penghargaan lingkungan hidup yang menitikberatkan pada program kebersihan dan keteduhan (green and clean), yang ditujukan bagi kota di Indonesia skala metropolitan, besar, sedang dan kecil. Tahun 2008 ini, sambungnya, sistem dan nilai program Bangun Praja diperketat menjadi 73, padahal tahun lalu 71.

Pelaksana Harian Walikota berharap, keberhasilan yang telah diraih tersebut bukan tujuan akhir, namun tujuan yang terpenting adalah untuk memberdayakan seluruh komponen masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan Jakarta Barat yang tertib, indah, hijau, aman dan nyaman.”

Untuk meraih prestasi Adipura, lanjutnya, dibutuhkan perjuangan dan kerja keras terus menerus. Untuk itu, prestasi yang sudah diraih ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. “Obsesi saya di Jakarta Barat, kebersihan dan penghijauan jangan hanya karena program Bangun Praja, tapi merupakan kebutuhan bagi kita semua,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plh Walikota menyampaiakan terima kasih kepada seluruh instansi terkait, camat, lurah, Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (Formapel) dan komponen masyarakat. “Semoga penghargaan ini terus memacu semangat kita mewujudkan Jakarta Barat yang lebih baik lagi.”

Suasana penyambutan penghargaan piala Adipura di kantor walikota disambut antusias para pajabat dan staf Plh Walikota diiringi dua pasang Abang None (Abnon) Jakarta Barat yang membawa piala mengendarai dua delman hias memasuki halaman kantor walikota. Rombongan diterima Sekko Jakarta Barat, H Fatahillah dan pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Barat, Muspiko, Dekot, tokoh masyarakat dan disambut grup Marawis. Acara penyambutan diakhiri dengan pemotongan tumpeng di ruang serba guna.

Sementara itu, menurut Ketua Formapel Jakarta Barat, Adhi R. Thaher, untuk mendapatkan piala penghargaan tertinggi bidang keindahan, kebersihan dan ketertiban lingkungan tersebut tidak secara gratis. “Jakarta Barat setiap tahun telah melalui proses dan upaya yang maksimal untuk meraih piala itu. Tentunya ke depan kita juga berharap untuk dapat meraih peringkat yang lebih baik,” ujarnya.

Prestasi itu, sambungnya, dapat dijaga dengan meningkatkan kepedulian seluruh masyarakat dan instansi di lingkungan Pemkot Jakarta Barat. Menjaga lingkungan yang bersih, indah dan tertib, kata dia, bukan hanya penting untuk kehidupan sekarang, tapi juga kepentingan pembangunan kedepan. (humas.barat.jakarta.go.id)