Senin

Minet

Warnet dan Game Net Murah

Menjamurnya bisnis game net di Jakarta semakin menggeser posisi warung internet atau warnet. Meski tarifnya lebih murah, game net dinilai lebih menguntungkan karena frekuensi penggunaan yang lebih tinggi dan omzetnya yang lebih besar.

Tingginya tingkat utilitas komputer pada game net karena rata- rata pengunjung menghabiskan waktu minimal tiga jam. Berbeda dengan karakter pengunjung Warnet yang hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam, untuk sekadar mengecek e-mail ataupun browsing.

Kecendrungan inilah yang menyebabkan banyaknya pelaku bisnis Warnet yang lebih fokus pada layanan game-nya. Seperti yang dilakukan Jusuf dengan MiNet di Jalan Meruya Ilir Raya. Menurutnya, market game net sangat jelas yakni, anak-anak hingga orang dewasa.

“Anak-anak masih sangat butuh hiburan. Dengan begitu, mereka bisa main game sambil berkumpul dengan teman-teman sebayanya di tempat ini,” tukasnya.

Karena banyaknya peminat, pengelola game net biasanya menyediakan perangkat komputer lebih banyak dari pada Warnet. Bila biasanya Warnet menyediakan sekitar 20 unit komputer, game net bisa mencapai 50 unit, bahkan ada yang mencapai 100 unit.

MiNet sendiri menyediakan sekitar 22 buah komputer yang bisa digunakan untuk game atau browsing. Meski baru sekitar 2 bulan berdiri, MiNet ternyata sudah banyak pengunjungnya. Lihat saja setiap harinya, hampir semua bangku terisi oleh pengunjung yang datang dari wilayah sekitar. “MiNet akan ramai pas jam-jam pulang sekolah sekitar jam 12.00 – 14.00,” ungkap Jusuf.

Selain lokasinya yang strategis, tambah Jusuf, Minet banyak disukai karena tempat parkirnya yang luas. Harganya pun terbilang sangat murah jika dibanding dengan Warnet lain. Tarif per jamnya hanya seharga Rp 2500. Hal inilah yang membuat MiNet selalu ramai dikunjungi setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00.