Senin

Ada Apa Antara Bread Talk dan Romance

Beberapa bulan yang lalu, ketika tim Hitman System sedang hangout di sebuah mal, Jet memberi tahu saya satu hal tentang Bread Talk yang sampai detik ini masih membuat saya terkagum-kagum dan terinspirasi.

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang membuat Bread Talk begitu populer dan laku berat sehingga banyak orang sampai berdiri di antrian yang panjang?

Ada beberapa alasan yang bisa dilihat langsung: produknya yang fresh dan terasa enak di lidah, harga yang relatif terjangkau, desain dan packaging yang menarik, dan strategi marketing yang pintar.

Untuk point terakhir atas, “strategi marketing”, Jet memberitahu saya satu hal yang tidak pernah saya sadari sebelumnya: Setiap outlet Bread Talk hanya memiliki sedikit sekali kassa, hanya 1 atau 2 kassa, bahkan lebih sering mereka hanya menggunakan 1 kassa saja sementara kassa yang lain dinon-aktifkan.

Apabila hanya satu kassa saja yang digunakan, dan setiap pembeli memerlukan waktu sekitar 2 sampai 3 menit untuk menyelesaikan transaksi, maka tentu sudah pasti akan tercipta antrian yang panjang dan mencolok di tengah-tengah mal. Dan antrian yang panjang akan mengusik rasa ingin tahu setiap orang, “Kenapa antrian Bread Talk sedemikian panjang? Apakah rotinya memang sebegitu enaknya?”.

Rasa ingin tahu membuat orang lain tertarik untuk ikut mencoba. Dan setelah mencoba produk yang memang berkualitas, orang tersebut akan mempromosikannya kepada teman-temannya yang lalu memutuskan untuk ikutan mencoba dan bergabung dalam antrian. Sebagai hasilnya, Anda dapat melihat antrian yang makin panjang di outlet Bread Talk.

Sebuah strategi marketing yang pintar!
Lalu apa hubungannya dengan romance? Banyak sekali!

Banyak pria yang tidak menyadari bahwa romansa adalah seperti membuka sebuah bakery. Mungkin roti yang Anda jual adalah roti paling enak di seluruh dunia, tapi apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memastikan semua orang tahu hal itu dan datang untuk membeli roti Anda?

Mungkin Anda adalah seorang pria yang berkualitas; setia, baik hati, smart, fun, multitalented, dan memiliki masa depan yang cerah. Mungkin pula Anda memiliki wajah tampan dan berpenampilan menarik. Tapi tanpa strategi marketing yang pintar dan tepat, semua itu tidak akan efektif dan memberi hasil yang maksimal untuk mendapatkan kehidupan romansa yang Anda dambakan.

Salah satu strategi yang mirip dengan strategi Bread Talk di atas pernah saya bagikan ada dalam artikel “Mengapa Cewek Suka Cowok Playboy”. Baca kembali dan praktekkan. Buatlah agar para wanita mengantri mendapatkan Anda! Dengan begitu Anda akan menciptakan siklus yang mirip dengan antrian Bread Talk, more and more women will come to you!

Lalu strategi lainnya: Be Everywhere. Sama seperti Bread Talk yang ada di mana-mana, Anda juga harus memperluas lingkaran pergaulan Anda sampai ke mana-mana. Terutama ke tempat-tempat yang di mana banyak bertebaran tipe wanita yang Anda inginkan, agar mereka tahu keberadaan Anda.

Apabila wanita-wanita tersebut sudah mengetahui keberadaan Anda, ini strategi berikutnya: Buat diri Anda menjadi BERHARGA dan DIINGINKAN. Saya pernah membaca sebuah buku marketing tentang bagaimana membuat suatu barang menjadi berharga dan diinginkan. Salah satu caranya adalah; buat agar barang itu menjadi langka dan susah didapat.

Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa romansa: JUAL MAHAL. Buat diri Anda menjadi langka dan susah didapat. Jangan mengobral diri Anda. Jangan SMS dan menelpon si dia setiap saat setiap waktu. Tolak ajakannya untuk pergi dengan Anda. Sesekali, jangan balas SMS dan jangan angkat telpon dari si dia. Katakan Anda sibuk dengan hobi atau bisnis terbaru Anda.

Bayangkan perasaan wanita-wanita tersebut. Mereka tahu keberadaan Anda, mereka sering melihat Anda, mereka mengenal Anda, tapi mereka harus berjuang keras dan bersaing untuk mendapatkan Anda! Bagi wanita, tidak ada yang lebih menarik daripada pria yang jual mahal, karena semua pria di luar sana langsung mengobral diri habis-habisan pada date pertama. Pria yang jual mahal itu langka!

Asal Anda tahu saja, sadar atau tidak sadar, wanita-wanita cantik di luar sana juga melakukan strategi yang sama!

Mereka percaya diri dan tahu diri mereka berkualitas, mereka menampilkan diri mereka dengan packaging yang super keren; make up yang cantik, rambut ala iklan Pantene dan fashion yang menawan. Bahkan cara mereka berjalan pun dikoreografi dengan anggunnya.

“Dikoreografi?”, saya mendengar Anda bertanya.

Yup! Anda tidak sebegitu rapuhnya sampai mengira bahwa berjalan seperti seorang supermodel di atas catwalk dengan dada membusung dan punggung melengkung seperti huruf ‘C’, adalah cara normal untuk berjalan, bukan?

Setelah itu mereka membuat diri mereka menjadi langka dan susah didapat dengan jual mahal. Menolak ajakan dinner, membalas SMS setelah 3 jam, dan terkadang tidak mengangkat telepon. Alhasil, Anda bisa lihat antrian panjang pria-pria ngarep, termasuk Anda, yang ingin mendapatkan mereka. Strategi yang sempurna!

Siapa bilang wanita itu tidak strategis dan taktis?

Sama halnya seperti Anda. Saya percaya Anda adalah pria yang berkualitas; setia, berhati besar, romantis, berprinsip kuat dan memiliki masa depan yang cerah. Tapi sayangnya selama ini TIDAK ADA yang tahu betapa berkualitasnya Anda, akhirnya Anda hanya bisa menunggu keberuntungan Anda membuat seorang wanita menyadari hal ini dan datang kepada Anda. Sungguh disayangkan sekali…

Gunakan pengetahuan baru di atas untuk menyusun “strategi marketing” untuk diri Anda mulai hari ini dan seterusnya.