Sabtu

Rp 1 juta Bisa Jadi Rp 450 Juta, Coba Investasi Dinar Irak

Anda punya uang Rp 1.000.000 mau dilipatgandakan menjadi Rp 450.000.000? Ini bukan sekadar mimpi atau cuma kelakar, tetapi kenyataan. Jika tertarik, cobalah Anda berinvestasi dengan membeli dinar Irak. Dengan uang Rp 1.000.000 Anda akan memperoleh 50.000 dinar Irak. Setelah itu Anda tinggal memonitor perkembangan uang dinar Irak di media massa atau internet.

Tanggal 3 September 2007 lalu posisi dolar AS sama dengan 1.236 dinar Irak. Angka ini bisa dibilang sudah membaik karena sebelum ini nilai jualnya pernah jatuh merosat yakni 1 dolar AS sama dengan 6000 dinar Irak.

Lantas kapan uang Anda yang Rp 1.000.000 bisa menjadi Rp 450.000.000? Tunggu jika nilai tukar dinar Irak telah membaik menjadi setara dengan 1 dolar AS. Kapan waktunya? Tentu saja setelah keamanan dan infrastruktur di Irak sudah membaik, minyak bumi Irak sudah beroperasi maksimal. Hal itu bisa terjadi dua atau tiga tahun mendatang. Atau mungkin bisa lebih cepat setahun mendatang jika kondisi di Irak cepat pulih.

Sebagai gambaran, Irak adalah negara kaya minyak. Pada zaman jayanya, sekitar tahun 1990-an dinar Irak merupakan mata uang terkuat di Timur Tengah, 1 dinar Irak = 3,29 dolar AS. Namun setelah invasi ilegal tentara Amerika pimpinan G.W. Bush ke Irak, nilai tukar dinar Irak terjungkal sampai titik terendah berbarengan dengan hancurnya negara itu.

Pada 15 Oktober 2003 keluar mata uang dinar Irak baru menggantikan mata uang lama yang bergambar Saddam Husein. Uang dinar baru ini diproduksi di De La Rue, Great Britain (Inggris), sebuah percetakan uang terbesar di dunia, dibiayai Bank Dunia (World Bank).
Terbitnya dinar Irak baru (The New Iraqi Dinar) yang didukung oleh Bank Dunia dan pemerintahan pendudukan AS telah mendorong para investor di mancanegara memborong uang kertas dinar Irak yang baru. Mereka melihat potensi keuntungan yang luar biasa yang dapat diraih melalui investasi pada Dinar Irak.

Fundamental Kuat

Sebagai penghasil minyak bumi dan gas alam terbesar di dunia, dinar Irak memiliki fundamental kuat. Tak ada satu negara maju pun yang tergantung dengan minyak bumi.

Hal ini menjadikan Irak memiliki peran penting dalam perekonomian dunia. Jika pasokan minyak Irak berkurang pengaruhnya cukup besar terhadap pasokan minyak dunia. Harga minyak dunia pun akan naik. Karena itu tanggung jawab pemulihan kondisi dalam negeri Irak menjadi pusat perhatian dunia internasional. Kesimpulannya, dunia mendukung pemulihan Irak bisa berlangsung lebih cepat lagi.

Agen Indonesia

Mencari mata uang dinar Irak di Indonesia masih terbilang sulit. Mata uang ini belum ditransaksikan pada pasar uang internasional secara terbuka (international money market). Hanya beberapa lembaga perbankan saja yang mentransaksikannya antara lain: The Chase Manhattan Bank & Standard Chartered Bank.

Di bank-bank itu ada sejumlah agen yang menjual secara diam-diam. Salah seorang agen mata uang Irak di Indonesia mengatakan, saat ini mata uang Irak itu menjadi primadona untuk investasi di seluruh dunia. Orang Indonesia pun sudah melirik dinar Irak ini sebagai salah satu bentuk investasi yang sangat menjanjikan keuntungan besar. Tidak heran kalau dinar Irak dicari orang Indonesia di manapun.

Dinar Irak ini diibaratkan sebagai intan permata yang elok menawan. Terbenam dalam Lumpur pun akan tetap dicari orang banyak. Disebut begitu karena peluangnya yang sangat dahsyat sebagai pilihan investasi dan menjanjikan keuntungan besar dengan modal yang cukup kecil.

Resiko Investasi

Kapan mata uang dinar Irak bisa ditukar pada bank di Indonesia? Tidak ada kepastian kapan dapat ditukar di Indonesia. Namun suatu saat jika dinar nilainya terus naik dan dilisting kembali di pasar uang, tidak menutup kemungkinan mata uang Irak bisa ditukar di bank Indonesia.

Sebaliknya, dibalik keuntungan yang kita harapkan sudah pasti ada resiko yang harus dipikul. Jika situasi keamanan Irak tidak stabil lagi dan tidak bisa menghasilkan minyak yang cukup untuk membangun kembali ekonominya, maka resikonya mata uang Irak terhadap dolar AS akan stagnan bahkan merosot lagi. Jika itu yang terjadi, investasi dinar menjadi tidak berarti.

Jadi keputusan untuk berinvestasi di dinar Irak harus diperhitungkan secara matang, jangan tergesa-gesa. Jika sudah bulat hati, maka segala resiko yang bakal datang di kemudian hari tidak menjadi masalah lagi. (tat)

Contoh Investasi:

1. Membeli 50.000 dinar Irak cukup dengan harga Rp. 1.000.000. di kemudian hari jika 1 dinar Irak setara dengan 1 dolar AS, maka: 50.000 dinar Irak = 50.000 dolar AS. Jika ditukarkan ke rupiah (1 dolar AS Rp. 9.000,- red) maka: Rp. 9.000 x 50.000 = Rp. 450.000.000,-
2. Membeli 1 juta dinar Irak dengan harga Rp. 16.000.000,- . di kemudian hari jika 1 dinar Irak setara dengan 1 dolar AS, maka: Rp. 9.000 x 1 juta = Rp 9 milyar.

Tips Membeli Dinar Irak

1. Beli pada pihak yang bisa dipercaya
2. Kenali ciri-ciri mata uangnya
3. Teliti pada saat membeli
4. Jangan tergiur oleh bujukan lewat telepon
5. Pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan membeli

Tips Melihat Keaslian Dinar

1. Bau uang, langkah mudah untuk mengetahui keaslian dinar adalah dengan mencium uangnya. Anda akan mendapatkan bau uang baru yang sangat khas.
2. Pegang lalu arahkan dinar pada tempat yang terang. Periksa bawah gambar kepala kuda atau Horse Head Watermark harus jelas nampak, karena pattern itu ditanam dan bukan dicetak di atas kertas.
3. Periksa di sebelah bawah pojok kiri, 8 bagian simbolnya haruslah mempunyai warna yang bisa berubah-ubah dari ungu ke hijau jika dilihat dari sisi yang lain.
4. Gunakan sinar ultra violet untuk mengetahui tulisan ultra violet dinar Irak ini.
5. Arahkan sinar UV ke huruf-huruf yang samar pada dinar Irak tersebut, lalu periksa apakah pada bagian dalam kotak UV tulisan nampak jelas dari bagian belakang.
6. Khusus dinar 25.000 ada gambar merpati pada yang dicetak dengan warna tinta metalik, yaitu tepatnya di atas kiri pojok bagian belakang.
7. Khusus dinar 25.000 ada benang pengaman berwarna metalik yang tertanam di dalam bahan kertasnya.
8. Setiap mata uang dinar ditandai dengan tulisan unik angka-angka Arab Timur.
9. Perhatikan angka-angkanya di mana angka 2 dan 3-nya mirip dengan pengangkaan umum.

Umumnya untuk mengetahui apakah itu uang asli apa palsu langkah pertama terapkan 3 D ( Dilihat, Diraba, Diterawang).

Bank yang Sudah Beroperasi di Irak

• Standard Chartered
• National Bank of Kuwait
• Iranian National Bank
• Commercial Housing Bank
• Bahraini Arab Banking Institute

(Sumber: Warta Kota, Sabtu, 20 Oktober 2007)