Selasa

Selera Solo

Menu Solo dengan Harga Bersahabat

Ada banyak restoran yang menyediakan beragam menu untuk pengunjungnya. Namun, hanya beberapa saja yang memiliki menu andalan dan khas. Apalagi untuk menu khas Solo, Jawa Tengah.

Selera Solo yang berlokasi di Jalan Pesangrahan Raya menyajikan aneka menu khas Solo. Mulai nasi gudeg biasa hingga selat solo, tersedia di resto ini. Bagi Anda yang rindu dengan masakan ala Solo, sekarang tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke kota tersebut.

Sekitar seminggu lalu, kebetulan saya mampir ke Restoran Selera Solo yang terletak di Jalan Pesangrahan Raya, Jakarta Barat. Pertama memasuki kawasan Selera Solo yang ramai dengan nuansa minimalis modern, saya sudah merasakan atmosfir seperti di kota Solo.

Sesampainya di resto tersebut, keramah-tamahan pemilik dan pelayan di sana pun sangat terlihat. Dengan nada logat Jawa, mereka mempersilahkan kami masuk, sekaligus menyodorkan daftar menu yang tersedia. Inilah yang membuat kami terasa sangat dekat dengan pemilik atau pelayanan di sana. Seperti keluarga sendiri.

“Siapa yang tak kenal kota Solo, banyak orang Jakarta yang sering datang ke sana untuk berlibur atau sekedar mengunjungi sanak famili. Jika hari libur tiba, terlihat parkir resto yang menyediakan aneka menu khas Solo, penuh dipadati konsumen yang rata-rata orang Jakarta. Hal inilah yang membuat saya semangat membuka Selera Solo di Jakarta,” ujar Pemilik Selera Solo, Herman Adi Nugroho.

Resto dengan kapasitas sekitar 40 orang ini menyediakan ragam menu seperti, Bubur Lemu, Nasi Gudeg, Nasi Liwet, Nasi Pecel Sambel Tumpang, Nasi Pecel Ndeso, Rawon, Cabuk Rambak, Galantin, Selat Solo, Lontong Solo dan lainnya. Untuk minuman, tersedia es teh manis, es jeruk, aneka jus buah dan lainnya.

Ada beberapa menu andalan yang tersedia di resto yang buka 6 Agustus 2010 lalu ini, salah satunya adalah Nasi Liwet. Karena sulit mendapatkannya, Nasi Liwet yang sebenarnya banyak penggemar, sekarang sudah mulai terlupakan. Jadi, bagi Anda yang suka dengan Nasi Liwet, bisa mendapatkannya di Selera Solo dengan harga relatif terjangkau.

Nasi Liwet sendiri sangat berbeda dengan menu nasi lainnya. Di mana nasi liwet merupakan menu makanan yang sudah plus dengan lauk pauknya seperti suiran daging ayam, labu siam, telur pindang yang kemudian disiram dengan bumbu air santan. 1 porsi Nasi Liwet Biasa Rp 11 ribu, dan Nasi Liwet Komplit Rp 14 ribu.

Tak kalah nikmatnya adalah Nasi Gudeg yang diracik dengan bumbu khusus oleh sang ibu. Menurut Herman, orangtuanya merupakan sosok ibu yang mempunyai hobi memasak. Khususunya adalah menu-menu Jawa Tengah. Bahkan beliau juga memiliki resto dengan menu utama nasi gudeg di wilayah Serpong. “Berangkat dari sinilah saya berani membuka resto di wilayah ini,” tukasnya.

Sedangkan menu andalan lainnya adalah Selat Solo. Bahan baku utama menu ini adalah daging sapi unggulan berkuah dengan variasi sayuran seperti buncis, kentang dan wortel. Harga 1 porsi Rp 18 ribu. “Kuahnya berwarna coklat yang rasanya manis, gurih dan sedikit asam ,” ujar Herman.

Selain itu, tersedia pula Nasi Pecel Ndeso yang terbuat dari beras merah. Nasi ini diberi variasi sayuran seperti daun papaya, daun singkong dan lainnya. Hidangan ini akan semakin lengkap dengan tambahan sambal kacang dan wijen hitam dengan taburan karak (kerupuk yang terbuat dari beras).

Satu lagi menu khas Solo yang tak kalah lezatnya adalah Galantin. Menu yang terbuat dari daging sapi yang dihaluskan, diolah dengan siraman saus tomat membuat rasa menu ini berbeda dengan menu lainnya. Menu ini divariasi dengan tambahan sayuran seperti kentang goreng, wortel, telur dan acar timun.

Bicara soal harga, Selera Solo memberikan harga yang kompetitif. Harga menu makanan berkisar Rp 8.000 – 18.000 dan minuman berkisar Rp 2000 - 8.000. Menurut Herman, harga di tempat ini sangat kompetitif. Ini membuat semua kalangan bisa menikmati menu yang tersedia di resto ini tanpa harus mengluarkan kocek yang besar. Dengan cita rasa lezat, harga bersahabat membuat resto ini pun cocok untuk mereka dari kalangan mahasiswa dan anak sekolah.

Tempat ini sangat cocok jika digunakan untuk arisan, ulang tahun dan lainnnya. Selera Solo pun menyediakan aneka gorengan yang menggoda. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke resto ini, Selera Solo buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 21.00.

LeEzA mengatakan...

wah sangat menggugah selera. Pengen ke sana lagii...enak...murah meriah... sippp banget