Selasa

Renang, Fitnes dan Aerobik dalam Satu Atap

Mengisi liburan sekolah, siswa dan orang tua siswa mencari liburan dan hiburan diberbagai tempat. Mulai dari tempat liburan lokal hingga keluar daerah hingga ke luar negeri. Bahkan, tak sedikit orang yang memanfaatkan waktu liburan dengan berkunjung ke kolam renang dengan mengajak istri dan buah hatinya.

Kolam renang, dikelilingi hijaunya rumput dan tanaman, dilengkapi gazebo di salah satu sudutnya. Hmm , ini dia kolam renang Splash Swimming Pool (Splash) yang berlokasi di Perumahan Taman Semanan Indah menyediakan fasilitas kolam renang dan tempat fitness.

Di tempat ini, suasana ala resort semakin terasa dengan ditempatkannya gazebo, di salah satu sudut area kolam renang. Tidak lupa juga beberapa kursi santai. Dengan tampilan seperti ini, area kolam renang Splash Swimming Pool (Splash) pun bisa jadi alternatif tempat rekreasi keluarga di waktu libur.

Splash Swimming Pool (Splash) berdiri sejak 1996 lalu. Kolam renang Splash terbilang sangat bagus. Bahkan di wilayah Jakarta Barat sendiri, Splash masih yang terbaik. Dengan konsep Lagoon (berbentuk danau), tempat ini jelas sangat berbeda dengan kolam renang di tempat lain. Kolam berbentuk danau ini dilengkapi dengan fasilitas seperti spiral, mainan anak-anak, dan dua buah kolam renang khusus anak-anak.

Menurut Sport Club Assisten Manager Splash Swimming Pool, Iwan Setiawan, untuk kolam dewasa yang kedalamannya mulai 120 - 160 cm dilengkapi dengan kafe dan ruang tunggu yang nyaman. Sedangkan desainnya, area kolam renang dibuat dengan nuansa Bali yang dilengkapi dengan gazebo dan ornamen-ornamen Bali lainnya.

Masyarakat yang datang ke tempat ini bisa ratusan orang setiap harinya. ”Hari biasa, bisa 200-300 orang. Sedang jika Sabtu, Minggu, dan libur, pengunjungnya bisa mencapai 400 - 500 orang,” kata , Iwan Setiawan.

Kolam renang berkapasitas 600 - 700 orang ini mempunyai tarif umum Rp 20 ribu untuk Senin - Jumat. Sedangkan Sabtu, Minggu, dan hari libur dikenakan tarif sebesar Rp 25 ribu. Namun, tempat ini mempunyai paket menarik, hanya dengan biaya berkisar Rp 600 ribu pertahun, member bisa menggunakan fasilitas yang tersedia di tempat ini seperti renang, fitness dan oerobik.

Iwan menambahkan, saat ini pihaknya sedang membentuk komunitas di kolam renang ini. Komunitas yang dimaksud adalah komunitas lansia. “Di tempat ini, para lansia bisa berkumpul sekaligus berenang bersama-sama. Komunitas yang mulai terbentuk di tempat ini mendapat animo yang sangat tinggi. Di mana, sekitar 25 persen member di tempat ini adalah lansia,” tukas Iwan.

Waktu yang mereka pilih adalah pagi hari. Selain kolam masih dalam keadaan sepi, suhu udara pagi juga sangat baik bagi semua orang, termasuk komunitas lansia. “Saya merlihat mereka sangat senang dengan adanya komunitas lansia di tempat ini. Di mana mereka bisa renang bersama-sama, sambil bersantai di tempat ini,” aku Iwan.

Mengenai perawatan kolam, kebersihannya selalu di jaga setiap hari. Baik untuk kebersihan area kolam atau kadar airnya. ”Untuk kualitas air, pemeriksaan dilakukan setiap hari sedangkan untuk 3 bulan sekali dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Ini bertujuan agar air bebas dari bakteri sehingga memenuhi standar air kolam renang yang sehat,” ujar Iwan.

Sedangkan untuk tempat fitnesnya, lanjut Iwan, pihaknya sedang membentuk komunitas pelajar dan mahasiswa di tempat ini. Di mana nantinya, tempat fitness ini akan di dominasi oleh para pelajar dan mahasiswa. “Saat ini kami juga menyediakan paket merdeka dengan harga Rp 780 ribu pertahun. Dengan membayar biaya tersebut, member bisa menggunakan 3 fasilitas di tempat ini yakni renang, fitness dan aerobic,” ujar Iwan.

Rutinitas olahraga yang itu-itu saja kerap menjenuhkan. Sehingga tak jarang membuat kita berhenti di tengah jalan. Tapi jangan menyerah, coba ganti dengan cara lain. Lakukan olahraga yang tak menjenuhkan dan penuh kreasi, senam aerobik misalnya. Di mana, Splash Swimming Pool juga membentuk komunitas ibu-ibu di tempat aerobik. Usia mereka berkisar 30- 40 tahun. Untuk 1 kelasnya sekitar 30-40 orang dipandu oleh instruktur yang sudah sangat berpengalaman.

Dengan iringan musik, olahraga ini tak hanya membuat tubuh sehat, tapi juga menjadi terapi melangsingkan tubuh dengan tepat. Senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan selalu kreatif. Gerakannya selalu berubah-ubah tidak dominan hanya pada satu gerakan saja membuat orang yang melakoninya tidak jenuh. Apalagi sembari mendengarkan musik, senam pun jadi tambah semangat.

Latihan aerobik memberi banyak manfaat, antara lain meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, dan membakar kalori. Senam sembari mendengarkan musik memberi efek yang teramat positif selain memompa semangat juga memberi rasa rileks.

Nah tunggu apalagi, Bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan berenang, fitness dan aerobik di satu atap, bisa bergabung pada komunitasnya masing-masing di Splash Swimming Pool (Splash).