Minggu

Kiat Buat Kulit Sehat dan Cantik Alami

Kulit tampil sehat dan cantik alami menjadi dambaan semua orang, khususnya kaum perempuan. Di masa kini, kaum perempuan makin peduli pada kecantikan dan kepercayaan dirinya. Mereka makin sadar akan kebutuhan perlindungan kulit dari serangan radikal bebas seperti polusi udara, asap merokok, dan akibat terik mentari.


Kulit yang cantik dan sehat merupakan aksesori yang mewah. Hampir semua orang ingin mempertahankan ‘kemewahan’ itu selama mungkin. Tidak sedikit perempuan yang mengandalkan kosmetik sebagai solusinya. Padahal, makanan/suplemen pun punya andil besar dalam menyehatkan dan mempercantik kulit.

Jika Anda ingin memiliki kulit yang halus dan lembut, rambut yang berkilau, dan kuku yang berwarna merah jambu, mungkin yang Anda butuhkan adalah krem, kondisioner, dan lotion yang dapat dioleskan dari luar. Namun ada baiknya, Anda juga mulai menoleh ke sisi ‘dalam’, yakni asupan makanan yang sehat. Ini sangat beralasan, mengingat kulit, rambut, dan kuku mengandung protein-protein seperti kolagen, elastin dan keratin yang memberi reaksi terhadap asupan nutrisi yang serupa.

Kulit yang sehat, segar, bersih, terjaga teksturnya adalah kulit yang dapat bernapas lega. Namun jika yang terjadi sebaliknya, yaitu pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati, maka selain tampilan kulit menjadi kusam, menebal, juga mengakibatkan timbulnya komedo dan milia.

Setiap 28-30 hari, sel-sel kulit kita yang paling luar (sel tanduk) akan mati dan akan terkelupas secara alami, digantikan oleh sel-sel kulit yang baru. Dimulai dari terbentuknya sel di lapisan basal yang paling bawah sampai ke lapisan yang paling atas (paling luar). Proses degenerasi pengelupasan secara alami akan bergeser waktunya menjadi lebih lama, seiring dengan pertambahan usia, Misalnya, saat menjelang menopause.

Menjernihkan Kulit
Para pakar kulit dan kecantikan setuju, bahwa makan makanan yang sehat akan mendatangkan manfaat bagi kulit; tidak hanya melindunginya dari kerusakan, tetapi juga menyeimbangkan produksi kadar minyak alami, melembabkan kulit, meningkatkan kemampuan perbaikan/penyembuhan kulit itu sendiri, meningkatkan pergantian/produksi sel-sel kulit baru, dan memperkuat jaringan kolagen dan elastin.

Hasil penelitian American College of Nutrition menyebutkan bahwa makanan yang baik dan alami, akan melindungi kulit dari proses penuaan sel-sel kulit, kerusakan kulit dan kanker kulit.

Radikal bebas musuh utama kulit
Pada saat kulit terpapar sinar ultraviolet, akan terbentuk molekul oksigen tunggal, yang sering dikenal dengan radikal bebas. Unsur radikal bebas merusak membran sel-sel dan DNA di dalam inti sel-sel di seluruh tubuh termasuk sel-sel kulit.
Radikal bebas juga dapat merusak DNA pada sel-sel kulit dan serabut-serabut kolagen dan elastin yang menjadi penyangga struktur kulit, sehingga kulit menjadi rapuh, keriput dan mengerut.

Radikal bebas yang selama ini menjadi musuh kulit dapat juga berasal dari proses oksidasi (pemakaian oksigen di dalam tubuh) atau sesuatu yang dibakar, seperti rokok, makanan yang digoreng, daging yang dipanggang, dan tempat atau alat pembuangan asap, seperti udara itu sendiri, ketika partikel-partikelnya rusak karena terpapar sinar matahari.

Radikal bebas dikenal sebagai molekul perusak sel yang mengakibatkan munculnya penyakit-penyakit dan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan pertambahan usia, dari penyakit jantung hingga Alzheimer.

Sinar ultraviolet juga dapat merusak jaringan penunjang kulit yang akan mengendurkan kulit. Banyak jenis antioksidan yang dapat dikonsumsi untuk memperlambat proses penuaan dini, misalnya vitamin E. Maksimalkan pasokan antioksidan dari makanan. Antioksidan dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA.

Keunggulan Vitamin E
Untuk mendapatkan kulit sehat, cerah, dan bersih, tidak cukup hanya mengandalkan kosmetik topikal (yang dioleskan), tetapi juga asupan suplemen, agar hasilnya maksimal.

Natur-E mengandung vitamin E alami (natural), ekstrak minyak biji bunga matahari yang mengandung vitamin E aktif dan alami (d- alfa-tokoferol).

Minyak biji bunga matahari mengandung asam linoleat dan linolenat, salah satu lemak yang baik untuk kesehatan tubuh. Asam lemak ini bertanggung jawab terhadap pembentukan prostaglandin atau jaringan hormon yang mengatur kesehatan pembuluh darah jantung, kesuburan, daya tahan tubuh, dan sistem saraf pusat. Selain itu, suplemen kulit ini mengandung ekstrak biji gandum yang juga mengandung vitamin E aktif dan alami (d – alfa-tokoferol).

Vitamin E tidak diproduksi oleh tubuh, melainkan didapat dari makanan atau suplementasi. Natur-E sangat aman karena mengandung vitamin E alami terbaik, karena dua kali lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding dengan vitamin E sintetis.

Sebagai antioksidan terkuat, Natur-E meregenerasi sel-sel kulit yang rusak akibat serbuan radikal bebas (polusi, sinar ultraviolet, dan gaya hidup tidak sehat), melindungi/menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan fungsi sel-sel kekebalan tubuh.
Fungsinya yang lain yaitu mencegah keriput atau penuaan dini, meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah timbulnya penyakit degeneratif seperti jantung koroner, kolesterol tinggi, kanker, osteoarthritis serta katarak.

Minum Natur-E sebanyak 1-4 kapsul sehari secara teratur, sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas keseharian Anda. Karena, kebutuhan vitamin E setiap orang berbeda-beda, tergantung pola hidupnya serta banyaknya paparan polusi.

Asupan vitamin E yang disarankan dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk pria 150 IU (international unit/satuan internasional) dan untuk wanita 100 IU setiap harinya.


Gamer mengatakan...

bagus banget nih infonya trims yawi

Gamer mengatakan...

bagus banget infonya nih trims ya

corner desk mengatakan...

Tapi susah mendapat vitamin E dari makanan yang alami, paling cuma buah dan sayuran.