Kamis

Ngetem Sembarangan

Kemacetan lalu lintas di pagi dan sore hari selalu terjadi di Jalan Panjang. Hal tersebut akibat badan jalan yang menyempit karena pembangunan jalur Busway. Bukan hanya itu, tapi juga karena banyaknya kendaraan umum yang seenaknya berhenti di sembarang tempat.

Saya adalah seorang karyawan swasta yang berkantor di daerah Kemangisan. Hampir setiap pagi dan sore, di pertigaan Jalan Panjang menuju Kemanggisan selalu terjadi kemacetan. Setelah saya perhatikan, ini terjadi akibat ruas jalan yang sempit dan seringnya kendaraan mikrolet yang seenaknya berhenti di tikungan tersebut. Mikrolet tersebut berhenti untuk menurunkan atau sengaja ngetem mencari penumpang.

Bukan hanya di tempat tersebut, kemacetan parah juga sering terjadi di pertigaan lampu merah dekat Relasi. Kendaraan yang dari arah Meruya menuju Jalan Panjang sering simpang siur dan tidak tertib. Begitu juga dengan kendaraan dari arah Green Garden menuju ITC Permata Hijau, terkadang selalu ingin nyerobot dan masuk ke jalur bus way. Hal inilah yang sering terjadi. Berlomba-lomba masuk ke jalur Busway.
Kecendrungan ini terjadi karena memang di tikungan arah menuju Kemanggisan kerap macet. Sehingga pemakai jalan lebih memilih untuk masuk jalur Busway.

Saya sangat berharap Polisi yang mengatur lalu lintas di sana benar-benar menindak tegas pengemudi mikrolet yang berhenti sembarangan. Terlebih yang menurunkan atau menaikan penumpang tepat di tikungan. Jika ini benar-benar dilaksanakan, saya yakin tidak ada sopir yang berani melanggar peraturan tersebut. Dan mudah-mudahan bisa sedikit mengurangi kemacetan di wilayah itu.

Ilham Surya

Warga Kebon Jeruk